Tokoh Pers Petu Rohi Tutup Usia

Surabaya | Tokoh Pers Peter A Rohi atau yang dikenal dengan nama Petu Rohi meninggal dunia usai berjuang melawan penyakitnya, di Rumah Sakit Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya, Rabu (10/6), Pukul 06.45 WIB.

“Papa kami, Peter A. Rohi, pulang ke rumah Bapa di surga, pukul 6.45 di RKZ Surabaya, 10 Juni 2020. Sejak Mama meninggal akhir Januari 2020 lalu, kondisi beliau semakin menurun, seakan kehilangan semangatnya. Jiwanya yang kuat, runtuh seketika, saat ditinggal Mama. Bapa di sorga kini telah  mempertemukan mereka berdua kembali. Kali ini dalam kekekalan sorgawi,” tulis putra Peter, Joaquim Rohi dalam akun instagram pribadinya.

“Terima kasih atas segala perhatian buat beliau selama ini. Mohon dimaafkan jika ada salah. Joaquim Rohi, Moskow, 10 Juni 2020,” tambahnya.

Penerima kartu gold sebagai Wartawan Utama dari Dewan Pers itu diketahui telah lama menderita penyakitnya, meski demikian beliau masih tetap aktif menulis hingga tutup usia pada 76 tahun.

Petu Rohi mengawali karir jurnalistiknya usai mengundurkan diri dari kesatuan TNI di Batalyon Tank Amfibi (KKO) pada tahun 1970.

Setelah itu, Petu bergabung dengan majalah Sketmasa yang terbit di Surabaya yang kemudian dilanjutkan dengan bergabung dalam beberapa media seperti Sinar Harapan (Jakarta), harian Pikiran Rakyat (Bandung), Harian Pagi Memorandum (Surabaya), Suara Indonesia (Malang), Jayakarta (Jakarta), Surya (Surabaya) dan Suara Pembaruan.

Selain itu, Petu Rohi juga merintis terbitnya koran Sinar Harapan kembali, usai Presiden Soeharto dilengserkan bersama dengan Pemerintahan Orde Baru nya. (Gerard Soeharly)

 

 

 

 

SuaraKotanews

Media Online dan Cetak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *